backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Cara Kontrol Kolesterol Setelah Makan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adelia Dwitasari · Tanggal diperbarui 25/05/2023

    Cara Kontrol Kolesterol Setelah Makan

    Kadar kolesterol dalam tubuh dapat berubah sesuai dengan pola makan dan jenis makanan apa yang dikonsumsi seseorang. Meningkatnya kadar kolesterol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

    Bila dibiarkan, keadaan tersebut bisa berujung pada penyakit jantung koroner yang hingga kini masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia.

    Hubungan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner

    Berdasarkan Data dari Riset Dasar Kesehatan (Riskesdas), prevalensi penyakit jantung koroner di Indonesia berada di angka 0,5 persen pada 2013 dan meningkat menjadi 1,5 persen pada tahun 2018. 

    Angka prevalensi ini tentu berpotensi meningkat terlebih pada awal 2023, seiring dengan gaya hidup tidak sehat yang banyak diterapkan masyarakat luas di zaman serba modern seperti sekarang. 

    Mulai dari kebiasaan pola makan tinggi lemak hingga jarangnya aktivitas fisik atau berolahraga, menjadi beberapa hal pemicu tingkat kolesterol tinggi yang kebanyakan terjadi pada kalangan anak muda usia produktif. 

    Untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang lebih serius, sebaiknya lakukan deteksi dini ketika seseorang berpotensi memiliki gejala kolesterol yang tinggi. 

    Kadar kolesterol yang tinggi pada umumnya akan menumpuk pada di dinding pembuluh darah, seperti leher dan pundak. Selain itu juga muncul beberapa gejala, antara lain:

    • tengkuk terasa pegal, 
    • timbul kram di malam hari, 
    • nyeri dada, 
    • gampang mengantuk, atau 
    • mudah lelah. 

    Dengan memahami gejala awal kolesterol tinggi dan segera melakukan pengecekan tingkat kolesterol rutin, maka resiko yang lebih bahaya dapat dihindari.

    Cara kontrol kolesterol setelah makan

    Untuk mengontrol kadar kolesterol bisa dimulai dari pola makan yang sehat, seperti mengubah cara memasak dengan menggoreng menggunakan minyak yang lebih sehat dan jumlahnya tidak berlebihan.

    Anda juga bisa mengimbangi asupan makanan dengan buah dan sayur, atau bisa dikreasikan menjadi jus dan diberi tambahan yogurt sehingga makanan sehat bisa lebih nikmat untuk dikonsumsi.

    Salah satu pendukung makanan sehat yang juga nikmat adalah Nutrive Benecol. Nutrive Benecol merupakan satu dari sekian banyak produk unggulan PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) yang menjadi pangan fungsional untuk membantu menurunkan kolesterol.

    Nutrive Benecol dapat dikonsumsi untuk menunjang pola hidup sehat berkat manfaatnya dalam mengontrol kolesterol. 

    Kali ini, Nutrive Benecol hadir dalam bentuk yogurt menyegarkan yang bisa menjadi teman makan enak yang bantu turunkan kolesterol.

    Nutrive Benecol Yogurt memiliki keunggulan lebih dari varian smoothies karena mengandung Original Yogurt Fresh dan Yogurt Bubuk. 

    Kedua bahan tersebut diperkaya dengan kultur probiotik Plant Stanol Ester yang baik untuk pencernaan dan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga Nutrive Benecol Yogurt bisa menjadi #YogurtEnakTurunkanKolesterol.

    Kandungan Plant Stanol Ester (PSE) dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis membantu menurunkan kolesterol hingga 10%, jika dikonsumsi secara rutin 2x sehari langsung setelah makan. 

    Selain itu, strukturnya mirip kolesterol dan berfungsi untuk menghalau penyerapan kolesterol di sistem pencernaan.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Adelia Dwitasari · Tanggal diperbarui 25/05/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan